Jumat, 19 April 2013

The Impossible - "Lo imposible" (2012)



Direktur : Juan Antonio Bayona
Penulis : Sergio G. Sanchez (skenario), Maria Belon (cerita)
Pemain : Naomi Watts, Ewan McGregor, Tom Holland
Rating IMDB : 7,6/10
Penghargaan : 1 nominasi Oscar, 22 penghargaan, dan 34 nominasi lainnya
Genre : drama, sejarah, thriller
Premiere : 4 Januari 2013 (USA)

Sinopsis Singkat :

Sebuah keluarga yang terdiri dari Maria, Henry, dan tiga anak mereka berlibur ke Thailand untuk merayakan Natal. Sesampainya di sana mereka mendapatkan fasilitas pelayanan yang lebih baik dari hotel dengan mendapatkan kamar villa di dekat pantai. Setelah bersiap-siap dan saling bertukar hadiah Natal, mereka pergi ke kolam sebagaimana turis-turis lainnya untuk bersenang-senang. Sebuah liburan yang kelihatan sempurna sebelum tiba-tiba ada guncangan yang luar biasa. Tidak ada waktu untuk melarikan diri ketika terjadi tsunami, Maria, Henry dan anak-anaknya tersapu dalam sekali gelombang, dan akhirnya mereka terpisah. Siapa saja yang selamat dan apa yang terjadi pada mereka?

Sinopsis Lengkap :

Maria Bennett, suaminya Henry dan tiga anak mereka Lucas, Thomas dan Simon pergi berlibur saat liburan Natal di sebuah pantai tropis yang indah di Khao Lak, Thailand. 



Namun tsunami  dahsyat yang terjadi pada tanggal 26 Desember 2004, telah menghancurkan wilayah tersebut, membuat mereka tersapu dalam gelombang banjir. Gelombang tersebut menghantam Maria ketika dirinya sedang berusaha mencari sobekan halaman yang hilang dari bukunya di dekat sebuah rumah kaca, sedangkan suaminya dan anak-anaknya sedang bermain di dekat kolam renang.







Maria dan Lucas terpisah dengan suami dan dua anaknya yang lain. Kaki Maria serta bagian tubuhnya yang lain terluka sangat parah akibat terpaan tsunami tersebut. Dalam keadaan yang parah, Maria tetap mendesak anak tertuanya Lucas untuk menyelamatkan anak kecil yang bernama Daniel yang juga terpisah dari keluarganya. Mereka memanjat sebuah pohon untuk berjaga-jaga bila terjadi gelombang tsunami susulan. 



 

 
Mereka akhirnya ditemukan oleh masyarakat lokal yang ada di sana dan dibawa ke rumah sakit. Maria, yang adalah seorang dokter sangat memperhatikan keadaan kakinya yang terluka, beberapa kali dia bertanya pada Lucas apakah kakinya berubah warna menjadi hitam yang berarti kondisinya memburuk. 


Dia juga mendorong Lucas untuk membantu yang lain karena keadaan rumah sakit sangat sibuk. Lucas akhirnya membantu pasien-pasien rumah sakit untuk mencari relasinya yang hilang dengan berkeliling rumah sakit dan meneriakkan nama-nama yang disebut oleh pasien-pasien yang dia ketemui. 


 

Dalam kegembiraannya karena bisa membantu pasien lainnya, ketika dia kembali untuk menceritakan kepada ibunya, Lucas menemukan bahwa ibunya sudah tidak ada di tempatnya semula. Karena kesalahan rumah sakit, data ibunya tertukar dengan pasien lain yang sudah meninggal. Mengira ibunya sudah meninggal, pegawai rumah sakit membawa Lucas ke tenda di mana anak-anak yang kehilangan keluarganya berkumpul. Lucas sangat tertekan, merasa dirinya sekarang sendiri dan dalam kesedihan yang amat sangat karena kehilangan ibunya. Sedangkan sesungguhnya Maria saat itu sedang dioperasi di bagian dadanya yang terluka dan kemudian dapat bertemu lagi dengan Lucas. 




Di tempat lain, Henry, Thomas, dan Simon ternyata berkumpul dan selamat. Henry menyuruh Thomas anak keduanya untuk menjaga Simon anaknya yang paling kecil, dan menempatkan mereka di sebuah kendaraan yang penuh dengan turis yang selamat supaya anak-anaknya bisa pergi ke tempat yang lebih tinggi dan aman, sedangkan dia berniat untuk terus mencari Maria dan Lucas. Karena belum bisa menemukan Lucas dan Maria, Henry berusaha mencari Thomas dan Simon kembali, namun ternyata kedua anaknya sudah dikirim ke tempat lain. Saat itu mencari alat komunikasi sangat sulit, untunglah seorang turis Jerman bernama Karl mengijinkan Henry untuk menelepon memberi kabar kepada mertuanya Brian yang ada di UK. Dari Brian, Henry tahu bahwa Maria dan Lucas belum menghubungi sanak saudara di UK, jadi Henry masih bimbang dan tidak tahu apakah mereka selamat. Karl kemudian dengan sukarela menemani Henry untuk mencari istri dan anaknya.




Henry dan Karl mencari anggota keluarga mereka yang hilang di berbagai tempat penampungan dan rumah sakit sebelum mereka tiba di rumah sakit tempat Maria dan Lucas berada. Tanpa mengetahui keberadaan satu sama lain, seluruh anggota keluarga secara ajaib berada di tempat yang sama. Henry melalui ranjang Maria tapi tidak mengetahui Maria ada di sana, sesungguhnya Maria mengenal keberadaan Henry dari bayangan tirai yang memisahkan mereka tetapi dia tidak mempunyai tenaga untuk memanggil Henry. 




Karena merasa tidak berhasil menemukan Maria dan Lucas, Henry hendak pergi dari rumah sakit itu. Saat itu Lucas mengenal keberadaan ayahnya dari melihat sekilas celana dan kaki ayahnya yang terluka dari kejauhan tetapi segera kehilangan keberadaan ayahnya. Karena frustrasi, Lucas berteriak memanggil ayahnya. Simon dan Thomas yang hendak segera naik kembali ke mobil yang menampung anak-anak yang kehilangan keluarganya mengenal suara itu dan segera berlari memanggil-manggil Lucas. Di saat bersamaan, Henry merasa tidak enak dan membatalkan berangkat ke tempat lain, bertemu dengan ketiga anaknya, mereka berpelukan bahagia. Lucas segera memberitahu ayahnya bahwa Maria ada di dalam rumah sakit.







Mereka menemukan Maria sedang sekarat dan harus segera menjalani operasi. Maria akhirnya selamat setelah menjalani operasi. Di hari berikutnya pegawai dari perusahaan asuransi datang untuk mengantarkan mereka ke rumah sakit di Singapura dengan pesawat kecil. Lucas mengatakan kepada Maria bahwa anak kecil yang mereka selamatkan telah bersatu kembali dengan ayahnya. Maria mengatakan sangat bangga kepada Lucas. Saat lepas landas, Maria melihat dari jendela pesawat, kerusakan yang diakibatkan oleh tsunami, dan pesawat terbang meninggalkan wilayah itu.







 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar